Pencarian Ilmu (Isi langsung tekan "Enter")

Terlalu Cepat Beri Makanan Padat untuk Bayi Picu Obesitas

KOMPAS.com — Studi yang dipublikasikan pada jurnal Pediatrics edisi Maret mengatakan, bayi yang minum susu formula, bukan ASI, berisiko mengalami obesitas jika memulai makanan padat terlalu cepat.

Kesimpulan ini didapat dari penelitian kebiasaan makan 847 anak. Para peneliti mencari hubungan antara obesitas dan waktu pertama bayi diberikan makanan padat seperti sereal beras, biskuit, atau buah. Ditemukan, bayi yang minum susu formula dan bukan ASI, ketika diberi makanan padat terlalu cepat, memiliki risiko 6 kali lebih besar untuk mengalami kondisi obesitas di usia 3 tahun.

"Bayi belum butuh makanan padat. Jika diberikan terlalu cepat, yang terjadi hanya penambahan kalori ekstra," jelas dr Vicki Papadeas dari LaGuardia Place Pediatrics, seperti dikutip dari NY Daily News.

Makanan padat tidak akan membantu bayi untuk tidur lebih baik, jadi bayi sebaiknya tidak diberikan makanan padat sebelum ia bisa duduk tegak dan siap menelan makanan yang disuapkan menggunakan sendok, jelas Papadeas. "Ini merupakan sebuah bukti untuk menunggu pemberian makanan padat hingga anak cukup besar untuk mencerna makanan padat. Jika Anda memberi makanan terlalu banyak kepada anak, baik itu ASI atau susu formula ataupun makanan padat, akan terlalu banyak kalori yang diterima anak, dan mereka akan belajar makan terlalu banyak," tutur Papadeas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar