Pencarian Ilmu (Isi langsung tekan "Enter")

Penemu Di Bidang Mesin Dan Elektronik - Bagian A

Air Conditioning (AC)

Air Conditioning (AC) ditemukan oleh Willis Havilan Carrier tepat setahun setelah ia lulus dari Universitas Cornell dengan gelar insinyur mesin. Selanjutnya, ia dikenal sebagai Father Of Cool. Carrier mendapat ide tentang cara mengontrol suhu dan kelembaban saat sedang menunggu kedatangan kereta api. Pada tahun 1915, ia bersama enam insinyur yang lain membangun Carrier Engineering Corporation. Pada tahun 1921, ia mendapat hak paten atas AC buatannya.


Anemometer



Anemometer merupakan alat untuk mengukur kecepatan angin. Penamaannya menggunakan kata “Anemos” yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti angin. Alat ini berupa 3-4 set logam palsu kecil yang bersifat hemisphere dan mengitari sebuah tingkat vertikal.

Robert Hooke, kebangsaan Inggris, terlanjur dianggap sebagai penemu pertama dari Anemometer. Padahal, anemometer mekanik ditemukan pertama kali oleh Leon Battista Alberti, seorang arsitek seni dari Italia pada tahun 1450. Anemometer buatannya terdiri dari sebuah piring yang ditempatkan searah 90 derajat terhadap arah angin. Sedangkan cup anemometer hemisphere ditemukan oleh John Thomas Rommey Robinson, sorang peneliti dari Irlandia pada tahun 1846 yang berputar horizontal karena angin.


Air Panas Tenaga Surya

Pada tahun 1953, R.N Morse mengembangkan cara baru dalam memanaskan air yaitu dengan suatu alat yang memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaganya.


Alat Pencuci Piring

Alat pencuci piring yang populer disebut dishwasher dipatenkan pada 1850 oleh Joel Houghton. Dishwasher otomatis ditemukan oleh Nyonya Josephine Garis Cochran dari Shelbyville, Illinois, pada 1889.


Alarm Asap

Alarm asap dirancang oleh pabrik BRK pada 1967. Pabrik ini lalu menjual alarm ini dengan nama Alet. Penemuan ini menyadarkan banyak masyarakat saat terjadi gejala kebakaran.


Alat Pembersih Kaca

Mary Anderson dari Alabama berhasil menemukan alat pembersih kaca pada tahun 1903. Alat pembersih tersebut dapat digunakan untuk menghapus salju, air hujan atau debu pada kaca. Selanjutnya ia mengembangkan alat pembersih kaca ini dengan melengkapi pisau berkaret yang terletak di depan kaca paling depan. Pengembangan alat ini selanjutnya menjadi alat pembersih kaca yang sampai saat ini dijadikan pelengkap standar pada mobil yang dioperasikan oleh mesin mobil itu sendiri. Ia kemudian mematenkan ciptaannya pada tahun 1905.


Astrolab



Astrolab adalah alat untuk menentukan ketinggian benda di langit, misalnya matahari atau bintang. Alat ini pertama kali digunakan pada 200 sebelum masehi oleh para ahli perbintangan dari Yunani Kuno. Astrolab kemudian diganti dengan sextant.


Aqualung

Aqualung adalah perangkat pernafasan yang menyuplai oksigen untuk para penyelam sehingga memungkinkan mereka untuk tinggal selama beberapa jam di bawah air. Aqualung ditemukan pada tahun 1943 oleh Jacques-Yues Sousteau (1910-1997) dan insinyur mesin bernama Emile Gagnan. Alat tersebut diuji coba di laut mediterania oada kedalaman 210 kaki oleh Cousteau, Philippe Tailliez, dan Frederik Dumas.


Alat Pemanas Air

Pada 1870-an, Maughan, seseorang yang berkebangsaan Inggris berhasil menemukan alat praktis pemanas air. Penemuan ini lalu mengilhami Ediwin Ruud, Seorang berkebangsaan Norwegia yang juga seorang Insinyur mesin, ia menemukan pemanas air otomatis pada tahun 1889. Ruud kemudian membangun perusahaan pabrik Ruud.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar