Pencarian Ilmu (Isi langsung tekan "Enter")

Penemu Di Bidang Mesin Dan Elektronik Bagian G

Generator

Michael Faraday (1791-1867B) adalah penemu alat gerak listrik. Ia terkenal sebagai ahli fisika dan kimia yang menemukan induksi elektromagnetik. Dengan menggunakan cincin induksi, faraday menciptakan transformer listrik. Pada percobaan keduanya, dengan menggunakan 2 buah kabel yang dihubungka pada piringan tembaga, lalu iringan diputar (berpusast pada magnet ladam), sehingga mendapat aliran listrik ia telah berhasil menciptakan generator pertama.


Giroskop
Giroskop adalah roda atau rotor yang terletak di puncak cincin untuk menjaga suatu alat tetap pada posisinya. Set cincin ini berguna untuk memudahkan suatu alat untuk bergerak leluasa pada tempatnya. Giroskop ditemukan pada tahun 1852 oleh Jean Bernard Leon Foucault (1819-1868). Alat ini digunakan untuk mempelajari rotasi Bumi pada globe. Setahun sebelumnya, Foucault telah mematenkan pendulum ciptaannya untuk mengukur rotasi bumi. Hasil pengamatannya yang lain adalah bahwa cahaya bergerak lebih lambat di dalam air dari pada di udara.


Globe
Globe diciptakan pertama kali oleh Martin Behaim (1459-1537) yang merupakan seorang pembuat peta, penentu arah, dan pedagang dari Jerman. Globe tersebut ia beri nama Nurnberg Terrestrial yang dibuat selama 1490-1492 dibantu oleh seorang pelukis bernama Georg Gleckendon. Behaim sebelumnya pernah berlayar ke Portugal pada tahun 1480 dan menyertai penjelajah Portugis bernama Diogo Cam pada 1485-1486 ke Afrika Barat. Saat itulah sungai Kongo ditemukan.


Gramophone
Gramophone ditemukan oleh Emile Berliner pada tahun 1887 berdasarkan pgonograph ciptaan Thomas Edison.










Grain Elevator
Grain elevator adalah gudang gandum dengan alat pemutar atau pembongkar dan pengupas. Grain elevator dibuat oleh Joseph Dart di Buffalo New York pada tahun 11842. Ia adalah seorang pedagang. Hingga pertengahan abad ke-19, jerami dipotong dengan sabit. Kemudian mesin pembungkus jerami ditemukan pada tahun 1850-an. Pada 1936, Innes dari Davenport menemukan pengepak jerami otomatis.




Guillotine
Selama tahun 1700-an, eksekusi hukuman mati dijadikan tontonan bagi masyarakat di Perancis. Kriminal dari keluarga miskin akan diikat pada 4 ekor banteng, kemudian banten tersebut dikendarai ke arah yang berbeda sampai si penjahat mati dengan anggota tubuh terpisah-pisah. Menilai hal itu terlalu keji, Raja Louis memerintahkan dr. Joseph Ignace Guilotin untuk menciptakan alat yang efektif untuk memenggal kepala. Maka, ia menciptakan guilotin bagi semua kriminal dari semua tingkatan masyarakat. Pisau guilotin berbentuk diagonal, tidak lagi berbentuk bulat.

Guilotin pertama kali digunakan memenggal kepala Nicolas Jacques Pelletie pada tanggal 25 April 1792 di Place de Greve, dekat Bank Right. Ironisnya, pada tanggal 21 Januari 1793, Raja Louis XVI juga dipenggal dengan menggunakan guilotin saat terjadi revolusi Perancis. Selama revolusi Perancis, lebih dari 1.000 kepala dipenggal dengan guilotin.

Pembaruan guilotin dibuat pada tahun 1870 oleh asisten eksekusi dan pemahat bernama Leon Berger. Ia menambahkan kunci atau gembok pada dasar guilotin untuk mengikat si penjahat. Guilotin terakhir kali digunakan untuk memenggal kepala seorang pembunuh bernama Hamida Djandoubi pada tanggal 10 September 1977 di Marseilles, Perancis.

Fakta tentang Guilotin :
- Total berat 1.278 lbs atau 639 Kg.
- Berat pisau logam 88,2 lbs atau 44 Kg.
- Tinggi pisau saat berada di atas 14 kaki.
- Kecepatan jatuhnya pisau saat dileps 21 kaki per detik
- Kecepatan kepala terpenggal 2 per 100 detik.

Penggal kepala banyak dijumpai di Jerman, Italia, Skotlandia, dan Persia untuk para penjahat aritrokratis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar