Pencarian Ilmu (Isi langsung tekan "Enter")

Apakah Wanita Tidak Punya Jakun?

Jakun hanyalah tonjolan di tenggorokan manusia yang terbuat dari tulang rawan. Area ini disebut rawan tiroid karena berlokasi tepat di atas kelenjar tiroid. Secara teknis, jakun disebut prominentia laryngea, tetapi istilah jakun lebih umum. Jakun bukan cuma milik pria. Baik pria maupun wanita memilik tulang rawan tiroid, artinya memiliki jakun. Ukuran mereka kurang lebih sama sampai masa remaja ketika peningkatan hormon testosteron menyebabkan tumbuh lebih menonjol pada pria.

Ada juga wanita yang jakunnya lebih besar dari yang diinginkannya. Tetapi teknologi bedah plastik modern dapat memperbaiki segalanya. Yang diperlukan hanyalah pencukuran trakhea untuk mengurangi ukuran jakun. Meskipun kedengarannya bisa dilakukan di tukang cukur, tetapi bedah ini sebenarnya memerlukan sayatan kecil di tenggrorokan dan pemotongan beberapa jaringan tulang rawan yang menonjol. Tidak mengejutkan bahwa bedah ini adalah salah satu bedah plastik yang paling umum dilakukan orang-orang transseksual dari pria ke wanita.

Jadi, darimana asal nama jakun atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Adam's apple? Kebanyakan orang berkata istilah ini berasal dari anggapan bahwa tonjolan ini adalah apel yang tersangkut di tenggorokan Adam ketika ia memakan buah terlarang di surga. Teori ini bermasalah karena menurut cendikiawan Yahudi, buah terlarang itu adalah delima. Jadi silakan pilih sendiri, apelnya Adam atau delimanya. Yang jelas, Hawa mengunyah terlebih dahulu sebelum menelan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar